Untuk Kamu Yang Enggan Beranjak Dari Masa Lalu

4 Mei

Jadi pada malam itu kamu datang tiba-tiba. Mengajaknya berbincang tentang kenangan, bernostalgia dengan rasa yang pernah datang. Dia tampak sedikit bimbang. Berpura-pura tidak sedang menyimpan gamang.

Kamu mengawali malam itu dengan bercerita soal secarik rindu yang tak tersampaikan. Tentang penyesalan-penyesalan yang selalu kamu resahkan.

Kamu hanya berbicara tentang masa lalu, menggebu-gebu ingin menciptakan mesin waktu. Katamu kamu ingin sekali mengulang hari itu.

Kamu terus berbicara soal melepaskan dan merelakan. Padahal kamu bahkan enggan melangkah satu inchi dari kenyataan. Memutar kenangan adalah zona nyaman dan melupakan adalah proses mematikan.

Kamu masih saja bercerita perihal keinginanmu untuk bergerak dari masa lalu. Nyatanya kamu terus saja memeluk waktu yang tak beranjak maju.

Kamu terus berbicara dan berbicara. Tanpa peduli akan dia yang juga ingin berkata-kata. Berkisah tentang rindu, meragu, dan pedihnya menunggu.

Kali ini kamu berhenti bicara. Bukan karena pada akhirnya kamu sadar bahwa kamu sudah melewatkan banyak hal karena terus terpaku pada masa itu. Bukan juga karena kamu tersadar akan dia yang selalu ada di sudut itu.

Kamu memang berhenti bicara, tetapi lalu mengambil kertas dan pena. Kamu memang tidak lagi terjebak pada tema masa lalu, tetapi kemudian berulang-ulang menuliskan nama itu.

Untuk kamu, yang masih saja menolak untuk melupakan masa lalu.
Kamu harus tahu, tidak semua orang cakap dalam hal menunggu. Akan ada masa dimana mereka yang terlalu lelah menunggu, lantas memilih pergi dan meninggalkan yang meragu.

Untuk kamu, yang masih enggan beranjak dari masa lalu.
Tahukah kamu? Akhirnya dia yang selalu setia berdiam di sudut itu, memutuskan untuk menyerah dan berkata “percuma”.

*untuk seorang teman, yang selalu membuat saya ingin mengguncang bahunya sambil berteriak, “It’s 2014 already, dude! Just move on and look around. Or … that you-don’t-know-what-you’ve-got-until-it’s-gone phrase is still not clear enough for you?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: