What A Surprise-Part 2

8 Agu

photoshake_1375966574239

Agustus selalu penuh kebaikan.

Tahun lalu saya pernah posting tulisan dengan judul serupa, tepatnya  What A Surprise. Waktu itu, Pintu Hati Punya Sesha dimuat di majalah CosmoGirl Edisi Agustus 2012.

Agustus tahun ini, kejutan serupa datang lagi. Salah satu cerpen saya dimuat di majalah Chic Edisi 147 yang terbit awal bulan ini. Terkejut? Sudah pasti. Terkejut karena ini adalah pertama kalinya saya mencoba membuat cerita bergenre metropop, tapi kok ada editor majalah yang sudi menerimanya. :”)

Sama seperti jodoh, ide bisa muncul kapan saja di saat yang tidak kita duga. Ide cerpen ini muncul secara tiba-tiba di atas angkot dan langsung saya tulis ketika sampai di klinik tempat saya bertugas koas dua bulan lalu. Untung hari itu klinik tidak begitu ramai jadi saya bisa mencuri waktu mengetik cerita ini sebelum isi kepala saya menguap.

Tema cerpen ini sebenarnya berawal dari cerita seorang teman yang mengalami serangan panik untuk kesekian kalinya. Saya pernah belajar tentang masalah itu pada modul psikiatri, tetapi tidak pernah menemukan pasien aslinya. Maka jadilah saya “memanfaatkan” teman saya ini untuk mempelajari lebih jauh perihal gangguan panik. Setelah dianamnesis mendetail, sepertinya kok menarik ya kalau kasus ini dibuat cerita. Sayangnya, teman saya ini sendiri justru bingung menentukan pencetus gangguan panik yang dialaminya. Ia merasa tidak ada halhal yang sedang menekannya.

Akhirnya, etiologi (baca: penyebab) gangguan panik pada cerita ini mengacu pada kegundahan saya pribadi. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekalian bikin cerpen, sekalian curhat colongan. Well, the condition—gamophobia—is not as serious as what Keira suffered from. It was just a temporary fear triggered by my brother’s married plan. I don’t want he “leaves” the family this fast and builds his “own” family, but I couldn’t say it directly to him. But, I need to speak my mind up. So, I decided to put my thoughts on this story. But it’s totally okay now. Hi, Bro, if you read it please don’t feel so guilty. :p

Well, apapun latar belakang ceritanya, pada prinsipnya sih setiap kegalauan kalau bisa harus berakhir positif. Biar nggak sia-sia ngegalaunya. Setuju? :p

Satu Tanggapan to “What A Surprise-Part 2”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Jungkirbalik 2013 | orkestraksara - 31 Desember 2013

    […] Cerpen dengan genre chicklit-yang saya buat dengan penuh tendensi-dimuat di salah satu majalah. What a Surprise Part 2! Itu saja, sih. Hm, tunggu! Kalau menulis dan mengedit profil rekan sejawat untuk ditampilkan di […]

Tinggalkan Balasan

