Cowok (?)

31 Jul

Saya bukan penggemar berat Warkop DKI, tapi saya selalu menikmati lelucon-lelucon yang mereka bawakan. Terlepas dari humor slapstick yang berlebihan serta adegan pantai yang tidak bersinergi dengan plot (sampai sekarang saya tidak paham kenapa setting restoran atau hotel bisa tiba-tiba berubah menjadi pantai), ada satu nilai yang patut diacungi jempol dari film-film lawas itu. Bukan, bukan tentang rok mini atau gadis berkaus minimalis yang menjadi pendobrak rating. Dari film komedi tersebut saya sempat mengambil kesimpulan bahwa zaman dahulu itu, maskulinitas lebih kentara pada sikap ketimbang penampilan fisik. Pendeknya, cowok jaman dulu itu lebih gentle!

Dalam salah satu scene, saya pernah melihat adegan ini. Indro tengah bersusah payah membawa kardus-kardus yang berat. Lydia Kandou yang berada di sampingnya terlihat tidak tega dan hendak berbagi beban dengan temannya tersebut. Alih-alih membagi tumpukan kardus tersebut, Indro malah berkata, “Biarin. Ini tugas cowok. Cuman cowok kampungan yang nyerahin beban berat gini ke cewek.”

Beberapa hari lalu, teman saya (perempuan) kesulitan mendapat tempat parkir di kampus. Ada satu tempat yang tersisa, tapi agak sulit karena harus mendorong mobil yang melintang di depannya. Akhirnya beberapa teman–yang juga perempuan–turun dan mendorong mobil jenis Sport Utility Vehicle tersebut. Tepat ketika adegan dorong-mendorong itu terjadi, dua orang teman (kali ini laki-laki) baru selesai parkir dan lewat di hadapan para perempuan ini. Mereka berdua menyapa teman-teman saya lalu meneruskan perjalanannya. Sementara teman-teman saya masih terus bergulat melawan SUV.

Kejadian di atas bukan yang pertama. Seven of ten girls in FKUI said that campus guys are not gentle.  Ini serius. Survei kecil-kecilan yang selalu dikeluhkan oleh sejawat perempuan di angkatan. Tulisan ini bukan untuk menggeneralisasi, apalagi menghakimi. Hanya sekedar bertanya. Ini perihal perbedaan zaman, tempat, atau murni kepribadian per individu? Semoga opsi yang terakhir adalah jawabannya. Semoga!

Tinggalkan Balasan

