Manusia dan Ide-Ide Kembar

11 Mei

You can not claim ideas. They come and go by. Passing through human’s mind

Saya pernah menulis kutipan tersebut beberapa waktu lalu. Tepatnya seperti ini. Saat itu saya menyadari bahwa ide-ide kerap berduplikasi tanpa diketahui. Ada milyaran manusia di dunia ini dan ide (yang serupa) bisa datang serta pergi sesuka hati melewati berjuta-juta neuron otak mereka.

Saya suka membaca dan menulis. Hingga hari ini saya sudah beberapa kali mengalami perasaan mencelos ketika mengetahui bahwa ide yang pernah saya pikirkan (atau bahkan sudah dituliskan) ternyata juga melintas di pikiran orang lain. Persis. Mirip. Sialnya, orang itu sudah lebih dulu mendapat kesempatan untuk mempublikasikan karyanya. Mungkin ini bukan masalah plagiarisme, hanya perihal waktu dan kesempatan.

Beberapa hari lalu, di newsfeed Facebook saya terpampang status yang dibuat oleh seorang penulis kenamaan. Penulis ini memang suka membuat status-status yang membuahkan banyak Like dan komentar. Lucunya, status yang ia buat saat itu mirip dengan tulisan yang pernah saya buat disini. Judulnya sama-sama “Angkot”. Ide yang dikemukakan pun hampir sama. Kami sama-sama menganalogikan angkot sebagai sifat manusia yang sulit move on.

Saya tidak merasa bagaimana-bagaimana sih. Yah, awalnya memang sempat agak bingung. Kok bisa semirip itu, ya. Tapi toh pada akhirnya kenyataan tersebut justru meyakinkan hipotesis saya bahwa duplikasi ide memang hal yang lumrah terjadi. Justru kan jadi bangga ternyata ide saya sama kayak Tereliye (walaupun nasibnya beda)😀

 

Tinggalkan Balasan

