What a Surprise!

3 Agu

Surpriseeee!!! Cerpen lama yang super labil tetiba dimuat di CosmoGIRL edisi Agustus 2012!


Mohon maaf sebelumnya, mungkin ini adalah postingan ternorak dan tercurhat yang saya buat seumur hidup blog saya (sebelumnya saya berjanji untuk tidak pernah curhat secara tersurat di atas halaman blog).

Pagi ini, begitu bangun dan melihat ponsel, saya sampai berjengit begitu membaca pesan singkat yang masuk. Dari nomor tak dikenal.

Dear Cinthya, cerpen kamu kan masuk CosmoGirl edisi Agustus. Kita mau transfer fee nya kemana ya? Lalu kalo ada nomor npwpmu , bisa diinfo ke kita? Thanks – X, Cosmogirl.

Glegk! Saya bahkan lupa bahwa beberapa bulan lalu saya sempat iseng mengirim cerpen ke redaksi sebuah majalah. Iya, iseng tanpa tendensi apapun. Pertama kalinya saya lakukan seumur hidup saya: sok ide mengirim cerpen ke majalah yang cukup ternama (mengirim ke majalah yang tak bernama pun belum pernah). Cerpennya juga karya lama, hasil mengais-ngais dari tumpukan folder di laptop.

Awalnya saya pikir ini modus penipuan baru sampai akhirnya saya segera berburu majalah tersebut. Dan itulah, ternyata benar adanya. Dimuat. Sungguhan. Tulisan saya ada di sana. Nama saya ada di sana, eh ternyata tidak ada namanya. Majalah yang satu ini rupanya memang tidak mencantumkan nama pengarangnya (agak mengecewakan sih, tapi yasudahlah).

Kenapa saya jadi begitu norak? Mungkin buat sebagian orang hal ini dianggap agak berlebihan atau berakhir dengan “so what”. Cuman masuk majalah doang, belom juga bikin novel. Tapi, buat saya ini ibarat prestasi, ibarat impian yang terwujud. Hehe… lebay? Gimana ya… masalahnya, mengirimkan cerpen ke majalah lalu dimuat itu adalah impian saya sejak masih SD. Sejak harga majalah masih lima ribu rupiah, sejak kontennya masih didominasi boyband barat bukan korea, sejak proporsi tulisannya masih lebih banyak dibanding ilustrasi-ilustrasi fancy belaka(ups!).

Saya masih ingat benar, waktu SD dan SMP itu hidup saya rasanya cuma diisi sama kegiatan menulis. Menghabiskan isi buku tulis bukan untuk mengerjakan PR atau mencatat pelajaran, melainkan menulis cerpen-cerpen. Tapi sayangnya, waktu itu teknologi belum secanggih sekarang sehingga harus mengandalkan pos. Saya juga dengan naif-nya sempat bermimpi untuk bisa bekerja di majalah-majalah remaja. Sekarang juga masih kepingin, tapi rasanya saya sudah terlalu tua dan salah jurusan.

Baiklah, sepertinya saya harus menahan jari-jari ini sebelum berkicau lebih curhatful. Tetaplah bermimpi selama mimpi itu positif!🙂

3 Tanggapan to “What a Surprise!”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pintu Hati Punya Sesha « orkestraksara - 11 Agustus 2012

    […] *What a surprise! pada akhirnya, cerpen ini dimuat di majalah CosmoGirl edisi Agustus 2012 […]

  2. What A Surprise-Part 2 | orkestraksara - 11 Agustus 2013

    […] lalu saya pernah posting tulisan dengan judul serupa, tepatnya  What A Surprise. Waktu itu, Pintu Hati Punya Sesha dimuat di majalah CosmoGirl Edisi Agustus […]

  3. Silsilah in CHIC Magz | orkestraksara - 3 November 2014

    […] woman magazine, CHIC, informed that my short story has been published in the mag. It was not the first time, but, even so, I sustained the same “norakness syndrome”. I was so happy, of course, but I was […]

Tinggalkan Balasan

