Eksplorasi Negeri Sejuta Pelangi: Sebuah Kebetulan yang Manis

2 Jun

Seperti kebanyakan masyarakat Indonesia lainnya, saya pertama kali berkenalan dengan Pulau Belitung melalui film Laskar Pelangi yang dirilis tahun 2008 lalu. Saat itu, (masih) sama seperti kebanyakan masyarakat Indonesia, saya dibuat terkagum-kagum dengan keeksotisan “Pulau Timah” yang begitu membangkitkan spirit travelling saya. Jatuh cinta pada pandangan pertama, tepatnya.

Suasana pedesaan lengkap dengan kearifan lokalnya, akulturasi yang begitu mengakar dengan harmonis, dan tentu saja kecantikan alamnya–yang didominasi pantai jernih berpasir putih berhiaskan batu-batu granit raksasa. Setidaknya ketiga hal itu yang membuat saya tidak berpikir panjang untuk memasukkan tempat ini ke “daftar destinasi wisata idaman” versi saya.

Sekitar empat tahun kemudian, tiba-tiba impian saya mengunjungi pulau yang termasuk ke dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini menjadi kenyataan! Iya, tiba-tiba. Semuanya terjadi secara kebetulan. Kebetulan kakak saya mendapatkan kontrak kerja Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Puskesmas Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur awal tahun 2012 ini. Nah, berawal dari niat mengunjungi kakak, jadilah kami sekeluarga “sekalian” berlibur ke tempat yang menamakan dirinya “Negeri Sejuta Pelangi” itu.

Akhirnya! Pertengahan Mei kemarin impian itu terealisasi. Kalau boleh saya tambahkan, terealisasi dengan sempurna. Saya bisa mencicipi ketiga unsur yang saya sebutkan di atas tadi: alam, budaya, dan perihal kearifan lokal. Saya tidak hanya berkesempatan menikmati tempat-tempat wisata andalan pulau ini, tetapi juga merasakan menjadi bagian dari masyarakat setempat. Sungguh sebuah kebetulan yang manis! Dan ternyata, setelah dijalani, “petualangan” saya di sana jauh lebih manis dari apa yang saya perkirakan🙂

 

Bersambung ke Eksplorasi Negeri Sejuta Pelangi: Senja Pertama dan Kultur Syok

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Satu Tanggapan to “Eksplorasi Negeri Sejuta Pelangi: Sebuah Kebetulan yang Manis”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Eksplorasi Negeri Sejuta Pelangi: Senja Pertama dan Kultur Syok « orkestraksara - 6 Juni 2012

    […] Lihat juga Eksplorasi Negeri Sejuta Pelangi: Sebuah Kebetulan Yang Manis […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: