Ohana!

1 Jun

I love my family! Bersyukur sekali Tuhan memberikan mereka untuk saya. Figur ayah yang selalu menjadi penghibur ketika daddy’s little girl ini ngambek dan melakukan aksi mogok bicaranya.  Sosok ibu yang selalu setia mendengarkan segala macam ocehan tidak penting si anak mama ini. Ditambah bonus seorang kakak laki-laki yang selalu menujukkan rasa sayang, frontal ataupun samar, kepada adik manjanya.

Beruntung sekali saya memiliki mereka. Mereka yang selalu siap mendengarkan keluh kesah saya dalam segala hal, mulai dari urusan perkuliahan hingga  percintaan. Mereka yang menjadi garda terdepan ketika saya kelimpungan menghadapi konflik-konflik kehidupan (tsaaah). Mereka yang mengajarkan saya apa itu demokrasi bertanggung jawab.

Saya bersyukur sekali memiliki keluarga yang  begitu demokratis–belakangan saya baru tahu, ternyata tidak semua orang dibesarkan dalam situasi sedemokratis ini. Ada, banyak. Keluarga ini selalu mengizinkan saya melakukan apapun, pergi kemanapun dan kapanpun, naik moda transportasi apapun, berteman dengan siapapun, dan berjuta hak lainnya. Mereka tidak pernah membatasi ruang gerak saya dengan otoritas–yang sebenarnya bisa saja mereka pergunakan seperti kebanyakan keluarga lainnya. Saya boleh berbicara apapun, mengutarakan semua isi kepala saya, menyampaikan kemauan dan sudut pandang saya. Dan mereka akan selalu mendengarkan sampai saya selesai meracau.

Ajaibnya, dengan berbagai kebebasan yang mereka berikan, mereka juga menciptakan nilai-nilai tanggung jawab secara tidak langsung.  Mereka membuat saya sadar bahwa kebebasan yang mereka berikan ini terlalu berharga untuk disia-siakan.

Saya pun kemudian mengetahui, keluarga macam apa yang hendak saya bentuk di kemudian hari🙂

 

*Ohana merupakan bahasa Hawai yang berarti keluarga. Istilah ini dipopulerkan lewat film kartun “Lilo& Stitch” yang diproduksi pada tahun  2002.

Tinggalkan Balasan

