Tower Parking RSCM Kencana : Solusi Mutakhir Mengakali Lahan Parkir

26 Jan

Sebuah rumah sakit bukan hanya perlu mengoptimalkan fasilitas medis, melainkan juga sarana penunjang lainnya. Lahan parkir merupakan salah satu fasilitas yang esensial bagi pengunjung rumah sakit. Berangkat dari kebutuhan tersebut, RSCM Kencana pun membangun gedung parkir dengan konsep bersusun yang otomatis. Dengan mengadopsi konsep parkir serupa dari negara Jepang, Korea, dan Singapura, tower parking di RSCM Kencana ini menjadi gedung parkir otomatis pertama di Indonesia.

Penyediaan gedung parkir setinggi 30 meter ini tidak hanya bertujuan menghemat lahan, tetapi juga menyediakan kemudahan bagi pasien yang hendak berobat. Dengan sistem parkir otomatis, pemilik mobil tidak perlu mencari sendiri tempat parkir yang kosong. Cukup dengan memasukkan mobil ke dalam ruangan semacam lift, secara otomatis mesin pengendali akan memarkirkannya di area yang tersedia. Begitu pula ketika hendak mengambil kembali mobil, sang pemilik cukup menyebutkan pelat nomor kendaraan kepada operator kemudian mobil akan muncul secara otomatis.

Tower parking yang dibangun di atas lahan seluas 176 m2 ini mampu memuat sebanyak 96 buah mobil. Dalam gedung tersebut, terdapat 4 unit dengan kapasitas 24 mobil per unitnya. Konsep parkir puzzle ini beroperasi dengan menggunakan sistem sensor dan hidrolik. Dengan sistem kerja otomatis seperti itu, efisiensi waktu dan sumber daya manusia dapat lebih dimaksimalkan. Keuntungan lain dari sistem parkir susun ini adalah keamanan yang lebih terjamin.

Pembangunan gedung parkir bersusun ini merupakan hasil kerja sama dengan penyedia jasa konstruksi PT Pembangunan Perumahan (Persero), atau yang biasa disingkat PT PP (Persero). Sejak resmi beroperasi bulan Mei 2010 lalu, tower parking ini tidak pernah sepi. Untuk itu, pihak RSCM Kencana pun merencanakan hendak membangun beberapa tower serupa guna memberikan pelayanan yang optimal bagi pasien.cinthya.

-Buletin RSCM Kencana, 2011-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: