Cara Praktis Berkenalan dengan Ilmu Kejiwaan

9 Jan

Oleh mahasiswa dan untuk mahasiswa. Hal itulah yang mendasari terbitnya karya ini.

Buku ini diprakarsai penulisannya oleh tiga orang mahasiswa kedokteran asal London. Sang penasihat editorial, dr. Peter Raven dari Royal Free and University College Medical School, memang sengaja menempatkan mahasiswanya sebagai juru kunci karya ini. Hal tersebut dimaksudkan agar buku saku ini bisa mewakili sudut pandang para mahasiswa yang sedang mempelajari ilmu psikiatri. Inovasi tersebut diharapkan pula dapat menggambarkan kurikulum yang secara nyata dialami oleh para calon dokter.

Meskipun menyandang predikat buku saku, Rujukan Cepat Psikiatri terbilang menyimpan materi bahasan yang cukup lengkap. Buku setebal 196 halaman ini terdiri dari lima bagian, mulai dari pengenalan dasar riwayat psikiatri, diagnosis banding, gangguan psikiatri anak dan dewasa, hingga tahap penatalaksanaan terhadap pasien dengan gangguan kejiwaan. Selain itu, terdapat pula daftar singkatan, daftar istilah, dan appendiks di beberapa halaman terakhir. Tiga bagian tambahan tersebut menjadi salah satu nilai plus dari buku ini yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pembaca.

Dengan bahasa yang mudah dicerna, buku ini sesuai untuk dijadikan tuntunan bagi mahasiswa kedokteran, khususnya mereka yang sedang menjajal ilmu psikiatri di tahap praklinik. Informasi-informasi yang terkandung dalam buku ini sungguh bermanfaat dan cukup aplikatif. Pada bagian pertama dan kedua, pembaca diperkenalkan terlebih dahulu dengan riwayat psikiatrik pasien, tata cara pemeriksaan mental, serta diagnosis banding yang mungkin muncul pada penyakit terkait aspek kejiwaan.

Masalah-masalah kejiwaan yang dibahas dalam buku ini adalah kasus penyakit yang memang sering ditemukan di kehidupan klinik, baik pada anak-anak maupun dewasa. Penjelasannya diawali dengan definisi singkat mengenai penyakit tersebut, kemudian dilanjutkan dengan penjelasannya secara mendetail. Pada bagian penatalaksanaan, bukan hanya aspek farmakologis yang ditonjolkan sebagai terapi utama melainkan juga terapi psikologik atau psikoterapi. Selain itu, terdapat pula bahasan mengenai penanganan kedaruratan psikiatrik.

Buku saku ini dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai sarana belajar yang cepat dan mudah. Namun, agaknya para pembaca harus mendapatkan bekal pengetahuan ilmu psikiatri terlebih dahulu sebelum membaca buku ini. Pasalnya, ada beberapa istilah atau kasus yang terdengar asing dan mungkin hanya dipahami oleh orang yang benar-benar sudah mengenal psikiatri secara mendalam.cinthya.

-Rubrik Resensi. Desk Opini dan Humaniora. SKMA No 03/XL/Mei-Juni 2010-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: